Inspirasi · Karier · Motivasi · Motivasi, Inspirasi

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja secara TEPAT

Dear Sahabat Imsearchlight,

Apabila anda ingin menjadi Professional di perusahaan, maka pertama kali, anda harus menulis surat lamaran, CV untuk ditujukan ke perusahaan.  Dimana tulisan tersebut,  Anda tuangkan keinginan dan harapan untuk mendapatkan kesempatan bergabung di perusahaan.

 

Menulis pada hakikatnya adalah suatu proses berpikir yang teratur, sehingga apa yang ditulis mudah dipahami si Penerima dalam hal ini Perusahaan. Perusahaan akan melihat surat lamaran atau CV sebagai perwakilan seluruh kualifikasi Anda.

 

Dalam menulis surat lamaran yang perlu diperhatikan adalah (TEPAT) :

 

  1. Tanggal surat

 

Penulisan tanggal memiliki tujuan untuk memberikan keterangan secara formalitas  kualifikasi diri Anda sesuai periode pada saat tanggal tersebut di Tulis.

 

  1. Ejaan

 

Ejaan dalam penulisan di usahakan menggunakan Bahasa Inggris. Mengingat saat ini Perusahaan lebih banyak mengutamakan ‘kandidat/calon karyawan’ yang bisa menggunakan Bahasa Inggris dan di perhitungkan pertama kali melalui surat lamaran atau CV yang dikirimkan.

 

Setelah penulisan,   disetiap tulisan pastikan untuk cek dan ricek lagi untuk memastikan tidak adanya kesalahan, tidak ada kata-kata yang di ulang, grammar yang sesuai serta tata bahasa yang baik. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker.

 

Perhatikanlah! Apabila di dalam surat Lamaran Anda terjadi satu atau lebih kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan, karena pihak perusahaan mengganggap bahwa Anda kurang teliti.

 

  1. Penerima Surat

 

Saat ini sudah sangat memudahkan anda mengirimkan surat lamaran dengan mencantumkan nama lengkap Penerima Surat di Perusahaan yang dituju, dengan bantuan  informasi di Internet. Jika memungkinkan selain nama, gunakan jabatan yang spesifik. Namun apabila Anda tidak mengetahui namanya maka Anda dapat menyebutkan Posisi yang dituju secara umum, yaitu Recruitment Manager

 

  1. Aktualisasi diri

 

Dalam menuliskan surat lamaran, sebutkan maksud, tujuan dan aktualisasi diri Anda yang merupakan  pencapaian tertinggi atau prestasi di dalam kehidupan Anda baik secara formal mau informal, sehingga Perusahaan langsung terkesan dengan kualifikasi Anda.

 

  1. Teratur

Pastikan anda menulis surat lamaran diketik menggunakan program computer dengan font Calibri atau Times New Roman dengan spasi 1,5. Ditulis  secara singkat, padat dan tidak ada kata yang di singkat, cukup satu lembar A4. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca, dengan menggunakan kata-kata peribahasa, puisi atau Quotes.

 

Saat ini hindari menulis surat surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan Selamat Mencoba !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s